Selasa, 18 Maret 2014

Avocado - untuk Mei

Avocado/alpokat/Avokad – walaupun penuh dengan lemak, avokad kaya akan vitamin A,C,E dan B kompleks. Avokad biasanya digunakan untuk perawatan kulit dan memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan anti jamur.

   # Sumber Buku: Rasulullah is My Doctor sinergi- Kelompok Gema Insani#


  1. Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah yang fardhu ( seperti shalat, puasa, dll). (HR Ath-Thabrani- Al-Baihaqi)
  2. Jika anak dibesarkan dengan dukungan, maka dia belajar menyayangi diri. (Hikmah)
  3. Hidup ada katanya menyenangkan dan ada katanya menyedihkan. Saat sedih dengan musibah yang menimpa ketabahan sangat dibutuhkan, apalagi bagi orang tua. Itu karena akan sangat penting untuk membangun ketabahan bagi kelularganya. (Hikmah)
  4. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sungguh Allah melaksanakan urusan-Nya, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (Ath-Thalaaq : 3)
  5. Keluh kesah merupakan ungkapan rasa tak rela menghadapi kehendak Tuhan. Obat mujarab penghilang keluh kesah adalah menerima keadaan dengan rasa senang dan melihat keadaan orang lain di bawahnya. (Hikmah)
  6. Dia menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang  benar. Dia membentuk rupamu dan memperbagus rupamu, dan hanya kepada-Nya lah tempat kembali. (At-Taghabun: 3)
  7. Tolong menolong tidak hanya kewajiban, tapi juga kebutuhan setiap orang. Orang yang suka menolong akan mendapatkan balasan pertolongan yang lebih besar lagi, meskipun hal itu bukan sesuatu yang diharapkannya. (Hikmah)
  8. Jika kamu meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya Dia melipatgandakan (balasan) untukmu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Penyantun. (At-Taghabun: 17)
  9. Setiap Muslim harus terus berjuang sejak muda hingga tua. Orang tua yang baik tidak hanya memotivasi anaknya dengan kata-kata untuk melakukan suatu kebaikan tetapi juga memotivasi dengan aksi nyata meskipun berat seperti berperang, selama masih ada kemampuan. (Hikmah)
  10. Pengendalian diri adalah anak kunci kebahagiaan dankemajuan, serta tingginya kehormatan. Sumber mulianya budi pekerti adalah pengendalian diri. (Hikmah)
  11. Tidakkah engkau perhatikan bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah keempatnya. Dan tiada lima orang, melainkan Dialah ke enamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti ada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memeberitakan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sungguh Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (al-Mujaadilah:7)
  12. Setiap istri harus tabah menghadapi segala kesulitan hidup, khususnya dalam rangka mempertahankan nilai-nilai kebenaran. Kesabaran akan dibalas oleh Allah SWT dengan kebaikan dan kegembiraan. (Hikmah)
  13. Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil. Barangsiapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza Wajalla. (HR. Ahmad)
  14. Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barangsiapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orag yang beruntung. (Ath-Taghaabun: 16)
  15. Tanggungjawab beragama ada pada masing-masing orang. Seseorang harus istiqamah mempertahankan agamanya, meskipun agita keluarga lainnya tidak menyukainya, termasuk suami dan orang tua. Penderitaan yang dihadapi dengan sikap sitiqamah akan berakhir dengan kebahagiaan dalam berkeluarga. (Hikmah)
  16. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (Ath-Taghaabun: 4)
  17. Setiap orang harus berusaha membentuk karakter anggota keluarga dengan kepribadian yang mulia, seperti kedermawanan. Tamu harus dihormati dan salah satu cara menghormatinya adalah memberikan hidangan yang nikmat. (Hikmah)
  18. Bekerjalah dengan dunia seolah-oleh akan hidup selama-lamanya, beribadahlah untuk akhirat seolah-olah akan mati besok. Bekerja dan doa adalah dua usaha yang akan mendatangkan sukses besar bagi anda. Tidak ada kesuksesan yang memuaskan, kecuali dari hasil bekerja keras. (Hikmah)
  19. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang beasr. (Ath-Taghaabun: 15)
  20. Kekhawatiran adalah akibat dari kehati-hatian yang berlebihan. Kekhawatiran yang berlebihan akan mengarah kepada prasangka buruk kepada Tuhan. (Hikmah)
  21. Dakwah kepada keluarga merupakan sesuatu yang harus mendapat perhatian dari setiap Muslim. Diperlukan kesabaran dalam menyampaikan pesan-esan dakwah agar hal itu dapat dilakukan secara berkesinambungan. (Hikmah)
  22. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia janganlah kamu membicarakan perbuatan dosa, permusuhan, dan durhaka kepada Rasul. Tetapi biucarakanlah tentang perbuatan kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan kembali. (Al-Mujadilah : 9)
  23. Meluruskan dalam perjuangan merupakan sesuatu yang amat penting sehingga sukses perjuangan tidak diukur dari kekayaan yang diperoleh. Istri dan anak yang mendukung kedermawanan merupakan faktor penting untuk bisa membangun keluarga yang suka bersedekah dan membantu orang lain yang memerlukan. (Hikmah)
  24. Wahai orang-orang yang beriman! Diantara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagumu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka: dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka) maka sungguh Allah Maha Pengampun Maha Penyayang. (at-Taghaabun: 14)
  25. Sesuatu yang menjadi rahasia orang lain, kita tidak boleh suka mencari tahu. Saat kita harus menjaga rahasia itu maka hal itu merupakan amanah yang tidak boleh diabaikan. (Hikmah)
  26. Apakah belum sampai kepadamu (orang-orang kafir) berita orang-orang kafir dulu? Maka mereka telah merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya dan mereka memperoleh adab yang pedih. (At-Taghaabun: 5)
  27. Islam merupakan agama yang harus diperjuangkan penyebarannya dan penegakannya. Keluarga Muslim harus terlibat dalam perjuangan sesuai dengan kemampuan masing-maisng. (Hikmah)
  28. (Dialah) Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Dan hendaklah orang-orang Mukmin bertawakal kepada Allah. (At-Taghaabun : 13)
  29. Rasa khawatir hanya akan mendatangkan ketakutan dalam sesuatu yang mengkhawatirkan. Orang yang terlalu khawatir terhadap apa yang akan terjadi akan merasa lega jika yang dikhawatirkan itu terjadi. (Hikmah)
  30. Ikatan kekeluargaan yang diperkuat dengan ikatan keimanan membuat seseorangbertanggungjawab penuh terhadap kondisi anggota keluarganya. Diperlukan kekuatan dan keberanian untuk membela keluarga yang tertindas. (Hikmah)
  31. Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia kana diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad)

Alhamdulillah , Barakallah…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar